[Milis Astra] Festival Kesehatan Astra Gaungkan Semangat Hidup Sehat

17 Nov 2020

[Milis Astra] Festival Kesehatan Astra Gaungkan Semangat Hidup Sehat

JAKARTA: Tidak terasa sudah lebih dari tujuh bulan masyarakat Indonesia hidup di tengah pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, kesehatan menjadi hal esensial yang terus-menerus digemakan oleh berbagai pihak. Astra turut berperan dalam menyebarkan pentingnya kesehatan yang tertuang dalam inspirasi gaya hidup sehat pada Festival Kesehatan yang diadakan pada hari ini (14/11) dengan tema “Semangat Hidup Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru.”  

Pada Festival Kesehatan yang diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ini turut hadir Direktur Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes yang mewakili Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dr. Kirana Pritasari, MQIH dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah. 

“Kami mengapresiasi Astra yang konsisten memberikan bantuan, termasuk dalam penanggulangan COVID-19. Kami berharap acara seperti ini menjadi ajang komunikasi dan berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk masyarakat di era pandemi ini. Karena protokol kesehatan jika dijalankan dengan ketat, dapat memutus rantai penyebaran COVID-19,” ujar Direktur Riskiyana. 

“Festival Kesehatan Astra yang diadakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ini, menghadirkan berbagai narasumber inspiratif yang akan membahas hidup sehat di era adaptasi kebiasaan baru. Astra tentunya berkomitmen untuk selalu menjalankan kontribusi sosial di pilar kesehatan. Salah satu programnya ialah Astra mendukung Kemenkes untuk mencegah stunting anak di Rote Ndao, NTT. Di sana kita berikan edukasi gizi, pembangunan sarana posyandu dan juga instalasi air bersih. Astra juga sedang mengembangkan iPosyandu di mana ada 1.500 posyandu yang terlibat, tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Chief Riza. 

Dilanjutkan dengan bincang inspiratif yang menghadirkan Kepala Pusat Pelatihan dan Kerjasama Internasional Kependudukan dan Keluarga Berencana BKKBN RI dr. Irma Ardiana, MAPS, penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2019 bidang kesehatan M. Afifi Romadhoni, public figure Andien Aisyah, Chef Martin Natadipraja dan Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti.  

Dalam kesempatan yang sama, diadakan peluncuran program Pesantren Sehat Astra, workshop memasak dan pengumuman pemenang berbagai lomba yang telah diadakan sebelumnya seperti Aorta Innovation Challenge, sebuah apresiasi tertinggi terhadap inovasi program unggulan oleh komunitas remaja binaan Astra yang bergerak di bidang kesehatan.  

Ada juga apresiasi posyandu dan kader kesehatan binaan Astra (Avicenna) serta lomba #5HariHidupSehat di Instagram yang telah diikuti 700 peserta.  

Festival Kesehatan Astra diikuti oleh kurang lebih 2.000 orang dari penggerak Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra, berbagai komunitas kesehatan binaan Astra dan masyarakat umum.  

Dokter Alumni Pesantren Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2019 bidang kesehatan M. Afifi Romadhoni yang akrab dipanggil Afif ini berbagi inspirasi tentang pendirian Gerakan Pesantren Sehat (GPS) sejak tahun 2017.  

Perjuangan Afif berangkat dari keprihatinan terhadap kebersihan dan kesehatan santri ketika dia sendiri mengenyam pendidikan di bangku pesantren beberapa tahun silam.  

“Sekarang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) digaungkan di mana-mana. Semua orang diingatkan untuk mencuci tangan, menggunakan sabun dengan air mengalir dan sebagainya.  

Kami merasa sangat bersyukur telah memperjuangkan hal ini ke teman-teman di pesantren sejak beberapa tahun lalu,” ujar Afif yang memiliki mimpi untuk memperluas GPS ke seluruh pelosok negeri. 

Benda-benda yang harusnya dipakai secara terpisah seperti sabun, sikat gigi dan handuk, seringkali dipakai bersama dan bergantian. Stigma “belum santri kalau belum kudisan” ia perangi bersama dengan 73 anggota GPS yang rutin mendatangi pondok pesantren untuk memberikan penyuluhan kesehatan, berbagi informasi seputar PHBS  bersama santri, berdiskusi lewat tanya jawab hingga membuat agen kesehatan di pesantren. 

Astra mengajak Afif berkolaborasi dalam program Pesantren Sehat Astra untuk bersamasama mengajak seluruh masyarakat pesantren binaan dengan pelatihan dan pendampingan bergerak bersama menjalankan PHBS. 

Festival Kesehatan dan inspirasi dalam mengutamakan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang digaungkan oleh Afif sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:


Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications
PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

 

Kembali ke Berita Umum
whatsappChat Us