[Milis Astra] AstraTalk Hadirkan Inspirasi Tiga Anak Muda Kebanggaan Indonesia

07 Oct 2019

[Milis Astra] AstraTalk Hadirkan Inspirasi Tiga Anak Muda Kebanggaan Indonesia

JAKARTA: Masih dalam rangkaian festival kreatif IdeaFest 2019 bertema “Age of Pride” serta semangat #KebanggaanIndonesia, Astra mengadakan sesi diskusi AstraTalk: Inspiring The Nation pada hari ini (5/10), di Jakarta Convention Center, dengan menghadirkan tiga sosok anak muda kreatif yang akan berbagi cerita inspiratif.

Tiga sosok anak muda itu adalah para penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk SATU Indonesia Awards 2014 Resika Caesaria (Ratu Cimol Banyumas), penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 Dani Ferdian (Pelopor Relawan Kesehatan), dan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2018 Nodeflux (Teknologi Artificial Intelligence). 

AstraTalk juga menghadirkan Dian Sastrowardoyo sebagai juri tamu 10th SATU Indonesia Awards 2019, perwakilan juri dari Astra Boy Kelana Soebroto dan Ernest Prakasa sebagai host.

Resika Caesaria (Ratu Cimol Banyumas)

Dikenal sebagai Ibu dari para mitra kerjanya, Resika yang akrab dipanggil Cika ini berhasil menjadi memberdayakaan masyarakat tidak mampu di Banyumas hingga 400 mitra melalui usaha cimol (jajanan berbahan tepung tapioka). “Usaha yang saya garap saat ini bertujuan sebagai usaha sosial agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” tuturnya. Dari yang semula hanya memiliki 200 mitra, Cika kini dapat membantu pemberdayaan 400 mitra. “Bayangkan saja kalau satu mitra menghidupi empat anggota keluarga, berarti ada 1.600 orang yang hidupnya bergantung pada usaha cimol ini.”

Dani Ferdian (Pelopor Relawan Kesehatan)

Sebagai seorang dosen, Dani Ferdian menyatukan mahasiswa Fakultas Kedokteran dari berbagai provinsi di Indonesia untuk menggerakan relawan kesehatan, salah satunya berkolaborasi dengan Kampung Berseri Astra melalui program Volunteer Doctors yang diinisiasi sejak Dani tingkat II Kedokteran di Universitas Padjajaran.

“Kami juga berkolaborasi untuk mendampingi 16 Kampung Berseri Astra dalam membuat dan menerapkan sistem berbasis pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah mendasar kesehatan di Indonesia seperti stunting, kesehatan ibu dan anak dan lainnya.”

Nodeflux (Teknologi Artificial Intelligence)

Digarap oleh Co-Founder CEO Meidy Fitranto dan Chief Technology Officer Faris Rahman, Nodeflux ingin mendorong pengembangan artificial intelligent di Indonesia. “Passion kita dalam bidang teknologi membuat kami memiliki misi untuk mengimplementasikan kemajuan teknologi yang terbaru dan diterapkan untuk mengatasi masalah-masalah di Indonesia,” ungkap Meidy Fitranto. “Tidak hanya fokus pada persoalan saat ini, kami ingin berusaha untuk berkontribusi lebih lanjut untuk memberikan rasa bangga terhadap tanah air,” tutup Faris Rahman.

Nodeflux menjadi salah satunya perusahaan di Indonesia yang berhasil meraih tingkat 25 dari 90 perusahaan di dunia untuk penilaian algoritma pemrograman dari Face Recognition Vendor Test pada September 2019 dari National Intitute of Standards and Technology.

Diskusi AstraTalk pada hari ini merupakan lanjutan dari malam puncak apresiasi 10th SATU Indonesia Awards 2019 yang telah melahirkan enam penerima apresiasi pada Jumat (4/10) malam.

 

Keenam penerima apresiasi 10th SATU Indonesia Awards 2019 ini adalah Mohammad Afif “Penebar Pesan Kebersihan ke Pesantren” (bidang Kesehatan – Jambi), Ai Nurhidayat “Penjaga Toleransi Multikultur” (bidang Pendidikan – Pangandaran), Maya Stolastika Bolen “Petani Organik Milenial dari Flores” (bidang Lingkungan – Mojokerto), Nurman Farieka R. “Penyulam Sepatu Kulit Kaki Ayam” (bidang Kewirausahaan – Bandung), Hendro Yulius Suryo “Pendidik Generasi Muda Lewat Robotik” (bidang Teknologi – Surabaya), serta dari bidang kelompok ada Pedis Care “Si Perawat Luka Penghilang Duka” (bidang Kesehatan – Malang).

Mereka akan mendapat dana pembinaan Rp60 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

Selain enam penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional, juga ditetapkan 54 penerima apresiasi tingkat provinsi, sehingga secara keseluruhan sampai tahun ini jumlah penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan provinsi mencapai 59 dan 246 orang.

Semangat Astra mendukung IdeaFest 2019 sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk
Telp. 021-50843888

 

Kembali ke Berita Umum
whatsappChat Us