[Milis Astra] Resep Jitu Ratu Cimol Dongkrak Omzet 100% Saat Pandemi

17 Dec 2020

[Milis Astra] Resep Jitu Ratu Cimol Dongkrak Omzet 100% Saat Pandemi

JAKARTA: Kemajuan teknologi membuat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lebih mudah mengembangkan produk dan jasanya masuk ke ekosistem digital.  

Berdasarkan laporan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, saat ini sekitar 16% dari pelaku UMKM atau sekitar 10,2 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya.  

Dari transaksi penjualan UMKM, sebanyak 51% penjualan berasal dari kategori bahan makanan. Hal ini sejalan dengan pengalaman Ratu Cimol dari kota Banyumas, Resika Caesaria, yang mendapatkan omzet penjualan tertinggi selama 15 tahun usahanya berdiri. 

Resika merupakan pelopor dan penggerak masyarakat di Banyumas melalui wirausaha cimol dengan skema waralaba gratis. 

“Selama pandemi, kami melakukan pemberdayaan bidang edukasi dengan pengalihan model bisnis berbasis online untuk para mitra. Hingga November 2020, tercatat peningkatan omzet mencapai 100%,” tutur Resika dalam Webinar M-Class yang digagas oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Magnifique Indonesia bersama Astra. 

Webinar tersebut turut menghadirkan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 bidang kewirausahaan Resika atau yang akrab disapa Cika sebagai pembicara, pegiat seni Dian Sastrowardoyo sebagai moderator, serta Managing Partner Magnifique Indonesia Arifaldi Dasril. 

Astra bersantiasa menjalankan kontribusi sosial berkelanjutan melalui pilar kewirausahaan, mengundang para mahasiswa dan komunitas UMKM di seluruh Indonesia pada webinar terbuka dengan topik ‘Belajar Menjadi Wirausaha Muda’ yang disiarkan melalui YouTube channel SATU Indonesia pada hari ini (16/12). 

Edukasi Dari Cimol Di tengah pandemi COVID-19, Cika memberikan edukasi kepada 600 mitra untuk beralih ke penjualan secara online. Seperti halnya mengajari cara menggunakan Whatsapp hingga cara berjualan melalui media sosial.  

Dalam webinar tersebut, Cika memberikan berbagai tips dan inovasi yang dilakukan untuk mempertahankan bisnisnya bersama para mitra dengan menjalankan strategi penjualan cimol frozen secara online.    

Kegiatan webinar yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut, ditutup dengan kutipan inspiratif dari Cika yang juga sebagai pendiri usaha Made Arizka. “Temanteman terus semangat untuk berinovasi dan pantang menyerah untuk melakukan yang terbaik. Jika kita percaya hal itu untuk membantu diri kita dan sekitar, pasti akan selalu ada jalan terbuka di depan.”  

Dukungan Astra pada program edukasi kewirausahaan tersebut sejalan dengan cita cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi: 
Boy Kelana Soebroto 
Head of Corporate Communications 
PT Astra International Tbk 
Telp. 021-508-43-888

 

Kembali ke Berita Umum
whatsappChat Us