Astra Ajak Generasi Muda Lestarikan Lingkungan

28 Nov 2020

Astra Ajak Generasi Muda Lestarikan Lingkungan

JAKARTA: Sebagian besar masyarakat yang harus beraktivitas di rumah akibat pandemi COVID-19 mulai membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru. Berkebun dan menanam pohon menjadi salah satu pilihan untuk mengisi kegiatan selama di rumah. Akibat terjadi pergeseran perilaku masyarakat tersebut, penjualan tanaman di berbagai daerah meningkat secara signifikan.  

Apabila kebiasaan baru menanam pohon ini dapat berkelanjutan, gerakan bersama masyarakat tersebut diharapkan dapat berkontribusi mengatasi masalah lingkungan yang terjadi di sekitar kita. 

Gerakan mengatasi masalah lingkungan juga dilakukan oleh Astra, yang merupakan bagian dari ekosistem Indonesia dan senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan bangsa melalui program kontribusi sosial berkelanjutan, salah satunya di bidang lingkungan. Sejalan dengan gerakan tersebut, Astra pada hari ini (28/11) mengadakan Festival Lingkungan Astra 2020 dengan tema “Eco-Youth Generation”.   

Festival tersebut bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Melalui kegiatan ini, Astra tidak hanya ingin mengajak masyarakat untuk ikut berperan, tetapi mengajak generasi muda untuk mulai peduli terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan yang bisa berdampak besar. 

“Melalui kegiatan ini, Kami ingin mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk makin meningkatkan kepeduliannya terhadap pelestarian alam dan isu-isu lingkungan lainnya dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.  

Dalam festival yang diadakan secara virtual, turut hadir Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nandang Prihadi, dan tokoh lingkungan dan konservasi energi Indonesia Ir. Tri Mumpuni. 

Eco-Youth Generation Sesuai dengan tema acara, Astra menghadirkan penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2019 bidang lingkungan Maya Stolastika, para aktivis muda yang bergerak di bidang lingkungan seperti Co-Founder Rebricks Novita Tan dan  Co-Founder #SayaPilihBumi Diky Wahyudi Lubis untuk membahas diskusi tentang generasi milenial menuju generasi minim sampah plastik dan peduli konservasi melalui channel YouTube SATU Indonesia.  

Para narasumber menjelaskan kontribusinya dalam melestarikan lingkungan melalui program-program yang telah dijalankannya. 

Penanaman Pohon Astra telah melaksanakan beberapa program terkait dengan bidang lingkungan, di antaranya adalah penanaman lebih dari 5 juta pohon sejak tahun 2008 di berbagai wilayah di Indonesia, Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara atau disingkat Pranaraksa yang telah berhasil mengonservasi 208 jenis bibit buah langka dan endemik lokal di Indonesia.  

Pembinaan 116 Kampung Berseri Astra di 34 Provinsi dimana sebagian mengangkat tema eco village dan kampung iklim yang juga sejalan dengan program yang dijalankan pemerintah Indonesia serta pengembangan 753 Desa Sejahtera Astra (DSA) di 34 provinsi di Indonesia. 

Salah satunya adalah DSA yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah, yang saat ini merupakan daerah penghasil minyak atsiri yang terbuat dari ekstrak berbagai macam tumbuhan yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Semangat Kurangi Plastik Astra juga menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik yang diterapkan baik di internal Grup Astra maupun di masyarakat binaan Astra. Melalui program ini, Astra berhasil mereduksi 8,7 ton plastik dan mengelola lebih dari 49 ton plastik di internal Grup Astra; serta mengelola lebih dari 360 ton sampah plastik di masyarakat melalui 70 bank sampah binaan Astra selama tahun 2020. 

Program-program tersebut dirancang sebagai bentuk kepedulian Astra dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam yang sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan program-program pemerintah di bidang lingkungan.  

Kontribusi Astra dalam mengajak generasi muda untuk melestarikan lingkungan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi: 
Boy Kelana Soebroto 
Head of Corporate Communications 
PT Astra International Tbk 
Telp. 021-508-43-888

 

Kembali ke Berita Umum
whatsappChat Us